Starin Sani

Istana bla bla bla
0 comments

Istana Bla Bla Bla (2014)

My Rating: ★★★
Genre: Fiksi Biografis
Author: Wisnu Nugroho

Istana bla bla bla

Era pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) udah hampir berakhir. Pengin tau hal-hal nggak penting yang terjadi selama dua periode pemerintahan beliau (2004-2014)? Jawabannya ada di buku Istana Bla Bla Bla!

Buku yang ditulis Wisnu Nugroho, redaktur politik Kompas, ini terdiri dari tiga bagian, yaitu Bla, Bla Bla, dan Bla Bla Bla. :D Masing-masing bagian terdiri dari belasan cerita pendek seputar hal-hal ‘remeh’ yang pernah terjadi di Istana Merdeka, kediaman sekaligus kantor Presiden Indonesia. Meski tampaknya remeh, tapi dari cerita-cerita itu kita tetap bisa melihat hal-hal penting yang terjadi selama pemerintahan SBY plus persoalan yang dihadapi negeri ini. Pembahasannya sama sekali nggak berat, Mas Inu kerap menyelipkan sindiran yang membuat kita tersenyum membacanya.

Salah satu cerita yang aku suka berjudul Lima Kali, Terakhir Karena Korupsi. Bab itu dibuka dengan pemaparan persoalan yang sering dihadapi keluarga muda, yaitu susah nyari pembantu. Nyari pembantu rumah tangga aja sulit, apalagi pembantu presiden alias menteri? Mas Inu lalu menjabarkan lima perombakan kabinet yang terjadi selama dua periode pemerintahan SBY. Di akhir bab, Mas Inu kembali menyambungkannya dengan persoalan mencari pembantu rumah tangga. Berikut ini kutipannya.

“Kompetensi dalam perjalanan bisa dipelajari. Tak percaya, coba tanya keluarga-keluarga muda yang tiap tahun menghadapi persoalan yang sama, yaitu ditinggal pergi pembantu dan harus mencari lagi. Keluarga-keluarga muda ini tidak mencari kompetensi, tapi kesetiaan dari para pembantu-pembantunya. Pak Beye tampaknya juga seperti ini.”

Selain itu, masih banyak bab menarik lain, misalnya aja Septic Tank adalah Bukti yang menceritakan meluapnya septic tank di kantor Presiden saking seringnya diadakan rapat. Ada juga Sayembara Berburu Kucing yang mengisahkan banyaknya kucing liar yang memilih tinggal di kawasan Istana Merdeka karena tempat ini sering mengadakan jamuan makan.

Tak hanya ceritanya saja yang menarik, buku ini juga dilengkapi ilustrasi kocak oleh Didie SW. Di akhir era kepemimpinan SBY ini, nggak ada salahnya kita baca buku Istana Bla Bla Bla ini. Yah, itung-itung untuk mengenang masa-masa saat publik masih menaruh harapan besar terhadap presiden yang baru terpilih. ;)

Leave A Comment