Starin Sani

0 comments

Dapat Dolar dari Desain (Even a Newbie Designer Can Try!)

Udah setahun ini aku dapet penghasilan bulanan dari ngedesain, padahal aku nggak ada background sekolah desain, cuma punya suami desainer aja, hihihi. Setelah terbukti menghasilkan, aku ngajak adikku buat ikut nyobain. Adikku nih lebih minim lagi pengalaman ngedesainnya dibanding aku, tapiii ternyata di bulan pertama pun dia langsung bisa menghasilkan puluhan dolar, dan bulan berikutnya dapet ratusan dolar. Jadi udah terbukti yaa, insya Allah siapa pun bisa nyobain cara-cara berikut ini.

1. Jualan desain di situs print-on-demand (POD)

Jadi, di luar negeri sana ada banyak situs print-on-demand yang mengandalkan desainer lepas buat jualan di situsnya. Nanti kita tinggal upload desain, trus kalo ada yang pengin beli kaos, mug, casing HP, dsb dengan desain buatan kita, si situs inilah yang bertugas bikin produknya. Kita tinggal santai terima komisi. Enak bangetlah pokoknya, apalagi kalo desain kita udah banyak. Misal di bulan ini kita sama sekali nggak ngedesain pun, dolar bisa terus mengalir kalo desain-desain lama kita ada yang beli. Komisi per kaosnya emang cuma sekitar $2 sampai $4 aja sih, tapi kalo kita mau nyeriusin (punya banyak akun di situs-situs POD dan rajin upload desain baru), nggak mustahil kita bisa dapet sampe ribuan dolar per bulannya. Beberapa situs yang udah aku cobain dan terbukti menghasilkan yaitu teepublic.com dan redbubble.com.

Tips biar laku:

Buka halaman trending, popular, atau apalah namanya di situs POD tempat kita buka lapak. Lihat desain apa yang banyak muncul di halaman itu. Pas pemilihan presiden AS kemarin misalnya, kebanyakan desain yang trending temanya nggak jauh-jauh dari election. Ya udah, bikin deh desain seputar itu. Semakin cepat kita menangkap tren dan bikin desainnya, insya Allah peluang lakunya lebih besar karena belum banyak saingan desain serupa. Percayalah, urusan kualitas desain itu nomor dua. Yang penting lagi trending!

2. Ikut lomba desain logo

Biasanya desainer profesional udah pada tau nih. Jadi di luar sana ada banyak situs yang menawarkan aneka lomba logo yang bisa diikuti siapa aja. Kalo aku biasanya ikut yang di 99designs.com. Di situs ini aja setiap harinya ada ratusan lomba yang terbuka untuk kita ikuti. Peserta lombanya juga banyak sih, tapi tenang aja, desain itu kan relatif. Yang menurut kita bagus belum tentu disukai penyelenggara lomba, begitu juga sebaliknya. Jadi desainer newbie pun tetap punya kesempatan buat menang! Untuk hadiahnya sendiri bervariasi di setiap situs, kalo di 99designs, juara lomba logo dapat hadiah minimal $190 (bisa lebih, tergantung penyelenggara lombanya).

Tips biar menang:

Kalo menurutku jam terbang lumayan pengaruh sih, bukan jam terbang ngedesain, tapi jam terbang ikut lomba desain, hehe. Karena dengan ikut banyak lomba, kita jadi tau style desain kita itu cocoknya buat ikutan lomba yang gimana. Kita jadi lebih bisa baca gimana peluang menang kita pas mau ikut sebuah lomba. Pas lombanya pun kita jadi tau kapan harus terus berjuang, kapan harus segera give up dan cari kontes lain, daripada buang-buang waktu di kontes yang lama. Tips lain, rajin ngumpulin revisi kalo diminta, dan nggak gampang nyerah. Aku nih baru menang untuk pertama kalinya di lomba ke-16 yang aku ikuti, hihihi.

GENERAL TIPS

Gajian dolar emang bikin ngiler, tapi nggak usah terlalu ngoyo yaa cari duitnya. Usaha emang harus, tapi mesti dibarengi juga dengan banyak-banyak beribadah merayu Yang Maha Memberi Rezeki. Karena rezeki itu Allah yang ngasih. Desain kita jelek pun tetep bisa laku atau menang lomba jika Allah menghendaki.

Notes

Buat yang belum punya Paypal, harus bikin dulu ya kalo mau dolarnya ditransfer ke rekening. :D Tinggal sign up aja di paypal.com, nanti di situ kita bakal disuruh ngisi nomor kartu kredit. Kalo nggak punya kartu kredit ya Alhamdulillah, terhindar dari utang dan riba. :) Kita tetep bisa bikin Paypal kok dengan beli Virtual Credit Card (VCC) yang banyak dijual online. Dulu aku beli sekitar Rp 80.000 untuk masa berlaku 2 tahun. Nah, nanti nomor VCC ini yang kita masukin di Paypal. Kalo bingung, tanya aja gimana cara bikin Paypal ke masnya yang jual VCC, biasanya mereka dengan senang hati mau ngasih petunjuk kok.

Selamat berburu dolar!

Leave A Comment