Starin Sani

2 comments

My First Trimester

Woohooo! Tahun 2015 udah berjalan sebulan lebih, tapi aku baru bisa posting tulisan sekarang. Pastinya ada sebabnya dong, yaitu karena… thanks God I’m pregnant! x)

Banyak orang bilang, trimester pertama itu masa paling nggak enak selama kehamilan. Tubuh mulai mengalami perubahan dengan hadirnya ‘si adek’, dan perubahan itu sedikit banyak membuat calon ibu merasa kurang nyaman. Di sini aku mau share apa aja yang kurasain selama trimester pertama kemarin, semoga para calon ibu yang baca jadi ngerasa nggak sendiri dan tetap semangat menjalani trimester pertama.

- Mual & muntah

Udah jadi pengetahuan umum, ibu yang hamil muda rata-rata mengalami mual dan muntah. Tapi ternyata pas aku ngerasain sendiri, tetep aja rada syok! Bener-bener jadi picky deh soal makanan. Salah pilih makanan, bisa mual. Untuk muntahnya sendiri awalnya cuma sesekali aja. Tapi pas daya tahan tubuhku lagi drop, wiiihh… muntahnya parah.  Tiap makan, dimuntahin. T.T Ditambah lagi, kalau muntah gitu suka kepikiran bayinya. Kasian si adek kalau perutku kosong. Stresnya langsung maksimalll deh.

Tips: jangan sampai perut kosong, karena bisa bikin mual. Jadi makannya dikit-dikit aja tapi sering. Kata dokterku, minimal tiga jam sekali harus diisi perutnya. Kalau udah terlanjur muntah, tetep usaha terus dimakanin. Nggak usah yang berat-berat, coba diisi puding dulu. Kalau perut udah agak enakan, baru makan yang agak ngenyangin. Harus tetep semangat!

- Lemas, gampang capek

Baru berdiri atau jalan kaki bentar aja, rasanya udah capek. Untungnya aku nggak kerja kantoran. Nggak bisa bayangin deh harus beraktivitas seperti biasa pas lagi hamil muda.

Tips: kalau capek ya istirahat. :p

- Gampang kena flu

Dingin dikit langsung bersin-bersin, terus meler deh. Sempet panik awalnya, karena pas baca-baca di internet, katanya flu itu bisa bahaya buat kandungan. Aku pun sampai dua kali ke rumah sakit gara-gara khawatir. Pas pertama ke rumah sakit, dikasih obat Demacolin sama vitamin. Langsung sembuh sih, tapi pas flu lagi seminggu kemudian, obat udah diminum sampai habis tetep aja belum sembuh. :(

Tips: pas ke rumah sakit untuk kedua kalinya, dokter yang ini nggak ngasih obat. Dia justru nyaranin minum vitamin C dosis tinggi yang dijual di pasaran, semacam CDR. Katanya aman kok buat ibu hamil. Dan ternyata benerrr, langsung sembuh! Karena flu itu sejatinya tergantung pada daya tahan tubuh kita. Untuk pengaruh flu pada janin sendiri, menurut si dokter, memang ada kalau usia kandungan masih di bawah tiga bulan. Misalnya aja bayi yang awalnya kedengeran detak jantungnya, bisa jadi nggak kedengeran lagi akibat flu. Tapi alhamdulillah adek bayiku sehattt. :)

- Nggak tahan lihat komputer/laptop

Nah, ini dia kenapa aku lama nggak ngeblog, hahaha. Rada repot juga sih karena kerjaanku sangat bergantung pada komputer/laptop. Tapi ya mau gimana lagi, tiap habis ngerjain sesuatu di laptop, langsung muntah. Heran juga sih kenapa aku begini, perasaan temenku banyak yang bisa tetep kerja di depan kompi deh meski lagi hamil.

Tips: nggak ada tips, semua kerjaan freelance-ku untuk sementara kustop. :|

- Peka sama bau

Mendadak jadi nggak suka bau sabun dan parfum yang selama ini dipakai. Kalau nyium bau apa pun yang menyengat, rasanya langsung mual.

Tips: ganti sabun pakai sabun bayi atau sabun yang baunya nggak menyengat dan bebas dari bahan kimia. Nggak usah pakai parfum kalau nggak perlu-perlu amat.

- Males-malesan

Sebelum hamil juga aku dasarnya males sih, tapi jadi lebih akut lagi pas hamil, hahaha. Mau mandi males, mau dandan males.

Tips: harus dipaksain biar nggak males, hahaha. Walaupun males beraktivitas, paling nggak harus nyempetin diri buat jalan kaki minimal sekali dalam seminggu, biar tubuhnya gerak, biar sehat.

- Gampang nangis

Yah, macem lagi PMS gitulah, hati ini sensitif banget rasanya. Terus kadang ada kekhawatiran berlebih juga sama kondisi baby, gara-gara ngerasa belum ngasih yang terbaik. Belum makan bergizi, bahkan makannya aja cuma dikit. Pas makan di luar, eh ada yang ngerokok di sekitar. Suka ada kucing yang ke rumah, padahal katanya ibu hamil itu bahaya kalau melihara kucing. Ya yang gitu-gitu deh, yang ujung-ujungnya bikin khawatir terus nangis.

Tips: ya kalau lagi pengin nangis sih dikeluarin aja. Tapi habis itu coba buat pikir solusinya, coba lihat segala sesuatu dari segi positifnya. Kalau kita stres, kasian adeknya. ;)

Kurang lebih itu yang aku rasain selama trimester pertama. Sekarang aku udah masuk trimester kedua, tapi sebagian besar poin-poin di atas masih kualamin. :D Alhamdulillahnya sih udah lumayan bisa lihat laptop, jadi nggak terlalu bosen di rumah.

Yah, apa pun yang kita alami selama hamil, selalu bersyukur. Banyak wanita di luar sana yang pengin mengalami apa yang kita rasain. Dan bagi calon ibu yang muslim, disebutkan dalam sebuah hadis, wanita yang mengandung dari suaminya akan menerima pahala seimbang dengan orang yang berpuasa di jalan Allah dan menghabiskan waktu malamnya dengan beribadah. Jadi bergembira dan bersabarlah karena insya Allah kita menerima pahala yang besar. Amiiin. x)

2 Comments

  1. tatik |

    Salam kenal mba,,,maaf mau nanya,,,obat flu demacolin berarti aman buat trimester pertama yaa mba?

    Reply

Leave A Comment