Starin Sani

0 comments

NHW#1_Starin Sani : Islamic Parenting

Kalo ditanya jurusan ilmu apa yang ingin saya tekuni saat ini, yang langsung terlintas di pikiran adalah ilmu parenting dengan pendekatan agama. Kutipan tulisan Bunda Kaska berikut rasanya pas sekali untuk menjelaskan alasannya.

Seorang ibu insya Allah ga akan ada NIAT menjerumuskan anaknya ke sesuatu yang mudharat apalagi SENGAJA ingin mencelakakan dunia akherat anak-anaknya.

Tapi… seorang ibu tanpa bekal agama saat mendidik anak sangat mungkin melakukan hal yang sebaliknya.

Sedih ya, merasa sudah mendidik anak dengan baik, tapi ternyata didikan kita nggak sejalan dengan ajaran agama. Mengikutkan anak ke banyak les ini-itu untuk mengejar prestasi duniawi, sampai-sampai anak sering terlewat sholatnya. Sering memperdengarkan musik alih-alih lantunan Quran sejak anak masih bayi, padahal dalam Islam musik itu haram hukumnya. Biasa saja ketika anak perempuan tidak berjilbab meski sudah waktunya, karena toh teman seumurannya banyak yang belum berjilbab juga. Dan masih banyak lagi contoh lainnya.

Karena itulah, bagi saya penting untuk belajar ilmu parenting yang berlandaskan agama, tidak hanya sekadar parenting saja. Usaha saya sejauh ini adalah dengan membaca buku-buku parenting islami, bergabung dalam grup parenting WhatsApp yang diasuh Bu Wina Risman yang banyak menggunakan pendekatan agama, juga mem-follow para pakar di bidang parenting islami seperti Kiki Barkiah dan Harry Santosa. Saya juga berusaha memperdalam ilmu agama secara umum, baik melalui video ceramah di YouTube maupun datang langsung ke kajian meski belum bisa rutin. Ke depannya, selain usaha-usaha yang sudah saya sebutkan tadi, saya ingin lebih sering lagi datang ke kajian, terutama yang topiknya tentang parenting.

Mengenai adab menuntut ilmu, wah, PR saya banyak sekali. Yang paling utama, saya ingin berusaha menghilangkan sikap merasa sudah tahu saat mendapat ilmu yang mirip-mirip dengan yang sudah pernah didapat sebelumnya. Semoga Allah selalu memberikan bimbinganNya.

Note : posting-an ini ditulis untuk memenuhi Nice Homework #1 di program matrikulasi Institut Ibu Profesional (IIP)

Leave A Comment